TODAY'S HEADLINE

INFO ANEKA BISNIS MILENIAL

Popular Posts

On May 20, 2019

broadband5g.net

broadband5g.net bunga rampai fawaz ini memuat 20 artikel karya ilmiah penelitian. Materi pokok broadband5g.net ini adalah perkembangan teknologi in formasi terutama perkembangan teknologi informasi dalam bidang komunikasi. Sedikitnya ada dua teknologi informasi yang berkem bang pesat, pertama telepon seluler atau handphone, dan kedua adalah komputer berjaringan internet, yaitu komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan seseorang dengan orang lain tanpa ada batas an jarak dan waktu.

Perkembangan teknologi komunikasi terutama teknologi seluler sudah di mulai sejak pertengahan 1990-an dengan mengusung tek nologi 1G (Generasi Pertama), yaitu menggunakan teknologi AMPS (advanced mobile phone system). Di mana teknologi AMPS ini per tama kali digunakan oleh pihak militer di Amerika Serikat.

Dalam kurun waktu 10 tahun sejak lahirnya AMPS telah terjadi perkembangan yang sangat pesat dengan berbagai penemuan atau inovasi teknologi komunikasi, dan akhir tahun 1990-an muncullah teknologi 2G (Generasi Kedua). Perbedaan utama teknologi 1G dan 2G adalah 1G masih menggunakan sistem analog, sedangkan 2G su dah menggunakan sistem digital. Teknologi 2G dapat dibagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu TDMA (time division multiple access) dan CDMA (code division multiple access). TDMA sendiri berkembang ke dalam beberapa versi, yaitu GSM di Eropa, IDEN di Amerika, PDC di Jepang. Adapun CDMA berkembang pesat di AS dan Kanada. Ke mampuan mencolok teknologi 2G adalah tidak hanya dapat diguna kan untuk telpon (voice), tetapi juga untuk mengirim SMS (short mes sage service) yaitu mengirim pesan singkat dengan menggunakan teks.

Dengan adanya teknologi generasi kedua ini membuat perkem bangan teknologi semakin cepat dengan menghadirkan berbagai kele bihan/fitur yang ditawarkan, selain mengirim SMS dan voice dan kelebihan lainnya. Ternyata semua kelebihan itu juga masih belum memuaskan para ahli untuk mengembangkan teknologi informasi, maka dikembangkan lagi teknologi informasi selanjutnya yaitu dengan tambahan fitur internet pada telepon seluler jenis GSM. Perkembang an selanjutnya setelah lahirnya internet, muncul masalah baru dari dampak internet, diakui ada berjuta dampak positif dari lahirnya in ternet namun di balik itu juga terdapat berjuta dampak negatif. Akibat dari gencarnya serangan konten negatif internet, yang dapat dikatakan sebagai agreasi perkembangan teknologi informasi.

Teknologi informasi sudah tentu harus dapat dimanfaatkan un tuk berbagai tujuan, terutama dalam rangka komunikasi antara peme rintah dan rakyat di seluruh Nusantara. Berbagai saluran komunikasi sebelum sudah ada, seperti media massa, diseminasi langsung kepada masyarakat banyak. Dengan adanya teknologi komunikasi dan infor masi ini, akan lebih memudahkan lagi terjalinnya hubungan komu nikasi antara pemerintah dan rakyat. Ini tentu dampak positif dari teknologi untuk melaksanakan komunikasi pemerintahan, terutama dalam hal menyebarluaskan berbagai program pembangunan dan ke bijakan secara luas. Sebaliknya pemerintah dan jajarannya juga bisa mendapatkan manfaat dalam arti berbagai feedback dari masyarakat kepada pemerintah dalam berbagai hal.

Semoga broadband5g.net ini ada guna dan manfaatnya bagi semua kalangan, yaitu pemerintah, kalangan pengusaha, masyarakat banyak, dunia in telektual/akademik yang mendalami masalah perkembangan teknolo gi informasi seperti peneliti, dosen/pengajar/mahasiswa/pelajar, dan semuanya yang bisa memanfaatkan teknologi ini.

broadband5g.net